Friday, June 9, 2017

Rukun Islam

Kita sebagai seorang muslim pastinya sudah mengetahui tentang Rukun Islam. Rukun Islam wajib kita jalankan sebagai seorang muslim. Rukun Islam ada 5, yaitu:
Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat,Mendirikan atau Mengerjakan Shalat,Membayar Zakat,Puasa Ramadhan, danPergi Haji.Nah, setelah kita tau kelima rukun islam. Mari kita belajar bersama-sama tentang pengertian kelima rukun islam satu persatu.

Pengertian Rukun Islam

1. Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat

Rukun Islam yang pertama yaitu mengucapkan 2 kalimat Syahadat yang memiliki pengertian “ Meyakinkan tak ada tuhan yang kecuali Allah SWT dan Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.

2. Mendirikan Shalat

Rukun Islam ke Dua yaitu menunaikan / mendirikan Shalat, sebagai seorang muslim Shalat merupakan hal yang wajib kita laksanakan. Shalat Wajib ada 5 antara lain Shalat Subuh, Shalat Dhuhur, Shalat Asyar, Shalat Maghrib & Shalat Isya. Kelima Shalat Wajib merupakan bentuk ibadah nyata yang paling utama mengalahkan ibadah yang lainnya seperti puasa, ibadah haji, zakat, shalat sunah dan lain sebagainya

3. Membayar Zakat

Rukun Islam yang ke tiga adalah membayar Zakat & adapun dari ibnu Umar Radhiyallahu anhuma, dirinya mengemukakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda :

" Islam didirikan diatas 5 dasar ialah bersaksi bahwasanya tak ada tuhan yang berhak di ibadahi (disembah) dengan benar selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, Mendirikan / Melakukan Shalat, Mengeluarkan / Membayar Zakat, Berhaji ke Baitulloh & Berpuasa pada bulan Ramadhan.” 

Adapun di dalam Agama Islam memajibkan kita membayar zakat kepada orang yang berhak menerima zakat (Mustahiq).

4. Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan yakni rukun islam yang keempat, memang lah Berpuasa dibulan Ramadhan ini diwajibkan bagi seluruh umat muslim.

5. Menunaikan Ibadah Haji bagi yang mampu

Rukun Islam yang terakhir atau kelima yaitu menunaikan haji bagi umat muslim yang mampu secara materiil dan secara fisik.

Sekian dulu yang bisa sedikit saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat, baca juga tentang Rukun Iman.

No comments: