Wednesday, September 13, 2017

Keutamaan membaca do'a setelah mendengar adzan


Keutamaan bagi para umat muslim yang membaca do'a setelah berkumandangnya adzan InsyaAllah akan mendapatkan Syafaat dari Nabi Muhammad SAW.
Dari Shahih al-Bukhari :
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَة

Dari Jabir ibn Abdillah: Bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang berdoa setelah mendengar Adzan: Ya Allah. Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik shalat yang akan didirikanini, berikanlah wasilah dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan. Maka ia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat".
Pesan : Terdapat beberapa cara agar seorang muslim mendapat syafaat Rasulullah di hari akhir, selain membaca doa yang tersebut dalam hadis setelah adzan, anda juga bisa mendapat syafaat dengan menziarahi makam beliau serta bershalawat atas Nabi Muhammad SAW dan memperbanyak shalawat tersebut.
Adapun bacaandoa sesudah adzan :
اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ،آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْن
َAllaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz. Ya arhamar roohimiin.
Artinya:Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, Karuniailah Nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Kumpulan surat Al-Qur'an



Fishing


No comments: